Bingung? Bagaimana cara mengatasi dehidrasi? Simak berikut ini!

Tidak semua orang mampu menjaga kualitas tubuh dalam padatnya beraktifitas. Sering kali mereka karena faktor dari terlalu sibuk, atau terlalu fokus pada pekerjaannya, sehingga lupa terhadap dirinya sendiri dan menyebabkan kekurangan cairan atau yang biasa kita sebut dehidrasi. Hidrasi atau mempertahankan jumlah cairan di dalam tubuh merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang, baik yang sehat, maupun yang sedang menjalani perawatan medis seperti pengobatan kanker. Hal tersebut sangat berpengaruh bagi kesehatan dalam jangka waktu panjang. Walaupun kita sering kali mengabaikannya, akan tetapi perlu kita ketahui bersama, bahwasanya untuk mengatasi dehidrasi tersebut perlu antisipasi karena akan mendatangkan berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa hal yang harus kita ketahui bagaimana cara mengatasi dehidrasi:

  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung air

Kandungan air dalam makanan dibutuhkan untuk menggantikan jumlah cairan yang ada dalam tubuh yang akan diambil setiap hari. Buah-buahan yang secara alami banyak mengandung air di antaranya adalah semangka, melon, anggur, dan tomat. Minum jus, air ataupun cairan yang mengandung kalori lainnya juga dapat membantu menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi sehingga dapat memberikan energi pada tubuh.

  • Cara mengatasi dehidrasi yang satu ini bisa kita lakukan dirumah. Dengan cara tempelkan kain basah pada tubuh terutama pada leher, wajah, punggung, dada ataupun perut. Kurangi penyebab dehidrasi seperti muntah, diare, atau demam. Oleskan lip balm pada bibir yang kering. Letakkan pendingin, es, dan minuman sehat dengan jarak yang dekat supaya tubuh mendapatkan kondisi yang lebih nyaman.Tanda tubuh mendapatkan asupan air yang cukup salah satu cara sederhana untuk mengetahuinya yaitu dengan melakukan tes warna air kencing. Ketika urin berwarna bening atau kuning, kemungkinan tubuh sudah mendapatkan cukup air. Sedangkan jika air kercing berwarna kuning tua, maka tingkatkanlah jumlah asupan cairan sehat untuk tubuh.
  • Minuman rasa alami

Jika tidak menyukai air minum seperti air putih, cobalah untuk minum minuman yang berasa  dengan menambahkan potongan buah seperti lemon, jeruk nipis, irisan jeruk, atau membuatnya menjadi jus. Alternatif lain yang bisa digunakan untuk menggantikan asupan cairan yaitu bisa dengan minuman herbal, minuman rasa buah, atau juga bisa minuman berkarbonasi namun bebas kafein.[1]

“dilansir dari laman doktersehat” bahwasanya kurangnya asupan cairan memang sangat berpengaruh terhadap timbulnya dehhidrasi tersebut. Apalagi cairan yang dibuang baik melalui keringat, urine, muntah, atau feses (pada kasus diare) lebih banyak, menjadi kasus penyebab dari dehidrasi secara garis besar. Tidak hanya itu saja, perlu kita ketahui bersama, ternyata kondisi cuaca, makanan, dan aktivitas olahraga yang berlebihan juga bisa disebut sebagai pemicu timbulnya dehidrasi tubuh. Untuk mengatasi dehidrasi tersebut, kita harus pastikan bahwasanya memang tubuh kita benar-benar kekurangan cairan. Berikut gejalanya:

  • Demam

kondisi ketika suhu tubuh berada di atas angka 38 derajat celsius. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri, atau parasit.

  • Sakit kepala

rasa sakit atau tidak nyaman yang terjadi di bagian kepala atau leher. Jenis sakit kepala yang paling sering terjadi adalah tension headache, yang diakibatkan oleh ketegangan otot-otot di area kepala, pundak, leher, sampai rahang.

  • Tekanan darah rendah
  • Bibir kering
  • Urin memiliki warna kkuning gelap
  • Rasa haus yang sangat berlebihan

Rasa haus yang berlebihan bukan hanya menjadi gekala dehidrasi saja. Akan tetapi, haus yang berlebihan juga dapat menandakan kondisi medis serius yang mendasarinya.

  • Tubuh tidak memiliki tenaga

Lelah atau bahkan rasa nyeri disekujur tubuh sehingga membuat tubuh tidak memiliki tenaga untuk menjalankan aktifitas seperti biasa. Bahkan untuk berdiri saja dan berjalan tidak bisa.


[1] Sumber referensi Hellosehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *